Subscribe Us

header ads

Sejarah SDIT Wahdatul Ummah Metro

 


SEJARAH BERDIRINYA

SDIT WAHDATUL UMMAH METRO


SDIT Wahdatul Ummah Metro didirikan pada tahun 2004 atas inisiasi beberapa ustadz yang terhimpun dalam Yayasan Wahdatul Ummah Metro diantaranya, ust. Agus Wibowo, S.Ag, Yulianto, SE, Drs. Sujadi, Drs. Nasrianto.

Berawal dari kegundahan terhadap pendidikan di Indonesia sekaligus ingin membuat sekolah yang bisa memberikan kekhususan belajar keislaman kepada putra-putri Islam. Dalam pelaksanaannya, hanya beberapa siswa saja yang dimulai dari kelas 1.

Anak-anak yang langsung kelas 1 adalah anak-anak yang dipindahkan oleh orang tuanya dari sekolah asalnya dengan jumlah siswa 10 anak. Mereka menurunkan level belajarnya dari sekolah asalnya yang sudah kelas 2.

Di awal ini dipimpin oleh ust. Fajar Trihandoko, S.Ag sebagai kepala sekolah dengan dibantu oleh beberapa orang guru di antaranya Habthin, Nurniati, Fajar, Uswatun Hasanah.

Berdasarkan surat keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Metro, Drs. A. Fikri Fahrie, SH, MM no. 420/302/01/D.3/2006 Tentang Izin Operasional SDIT Wahdatul Ummah Metro, maka SDIT Wahdatul Ummah Metro melanjutkan perjuangan pendidikannya.

Di tahun 2005, SDIT Wahdatul Ummah Metro menerima 18 orang peserta didik baru dengan lokal yang masih memprihatinkan. Kelas yang digunakan adalah lokal bekas asrama santri pondok pesantren Wahdatul Ummah dengan tambahan guru Siti Kholifah.

Beranjak ke tahun 2006, jumlah guru bertambah seiring bertambahnya jumlah peserta didik 28 anak di kelas 1 dengan tambahan guru Amar Fatkhalloh, Fitrianingsih, Lina Eni, Nur Maimunah, Pinuji Rahayu.

Kegiatan-kegiatan yang aktraktif, kreatif, menantang, outbound dan berkemah membuat seluruh peserta didik semakin semangat untuk belajar. Masa ini banyak sekali prestasi yang ditorehkan oleh peserta didik SDIT Wahdatul Ummah Metro baik bidang akademik maupun non akademik.

Pada tahun 2006 ini, SDIT Wahdatul Ummah Metro dinakhkodai oleh pak Ismanto, S.Pd yang juga guru negeri di SMP Negeri 8 Metro. Namun dedikasinya sangat besar untuk kemajuan SDIT Wahdatul Ummah Metro.

Tahun 2009, SDIT Wahdatul Ummah Metro meluluskan angkatan pertamanya dengan jumlah siswa 12 orang yang digelari dengan Laskar Pelangi. Pelepasan siswa angkatan pertama ini dilaksanakan dengan kegiatan Pasar Kreasi Siswa yang berisi berbagai kegiatan.

Di tahun 2011 - 2012, kepemimpinan SDIT Wahdatul Ummah Metro dipegang oleh Ahmad Jazuli, S.Sos.I. Kemudian dilanjutkan oleh Amar Fatkhalloh, S.Pd.I pada periode 2012 - 2015. Dikarenakan difokuskan di SMA Negeri 2 Metro, maka pak Amar mengundurkan diri dari SDIT Wahdatul Ummah Metro yang langsung dilanjutkan estafet kepemimpinannya oleh bapak Sarifuddin, M.Pd.I sampai sekarang (2021).

Di tahun 2020, SDIT Wahdatul Ummah Metro telah memiliki 24 rombongan belajar dengan jumlah peserta didik 753 anak yang berasal dari kota Metro dan sekitarnya. Jumlah yang tidak sedikit ini diampu tidak kurang dari 50 guru dan staff serta karyawan.

Di tahun ini pula, Visi dan Misi sekolah mengalami perubahan dengan lebih memfokuskan pada target pencapaian visi di tahun 2023.


Terima kasih, Anda telah membaca Sejarah SDIT Wahdatul Ummah Metro

Posting Komentar

0 Komentar