Home » , » Tips Agar Anak Bangun Pagi

Tips Agar Anak Bangun Pagi

Written By Sdit WAHDATUL UMMAH on Jumat, 15 April 2016 | 00.53

 
Ayah Bunda.....
Tidak sedikit orangtua yang mengeluh karena anak susah bangun pagi. Tak pelak kebiasaan membangunkan anak di pagi hari bisa menimbulkan kesulitan dan frustasi.
Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips untuk mengatasi kebiasaan anak yang susah bangun pagi:
Kenali kebiasaan tidur anak
Ada baiknya sebagai orangtua Anda memperhatikan pola kebiasaan sehari-hari anak Anda. Bagaimana dan kapan mereka terbiasa untuk jatuh tertidur di malam harinya. Apakah mereka bisa tidur dengan cepat atau susah tidur setiap malam.
Ternyata kebiasaan anak susah bangun di pagi hari juga bisa saja dikarenakan anak Anda tidak bisa tidur cepat di malam hari. Jika memang benar anak Anda mengalami susah tidur di malam hari sebaiknya Anda memperhatikan asupan makan malamnya.
Jangan memberi anak makan malam yang berlebihan, berikan porsi sedang dengan gizi cukup, jangan mengonsumsi makanan yang mengandung kafein, atau minuman bersoda sesudahnya.
Pastikan anak tidur dengan nyenyak
Bagi anak yang susah bangun meskipun tidak mengalami kesulitan saat tidur di malam hari, berikan mereka waktu tidur tambahan. Bisa saja anak Anda memiliki kebutuhan tidur lebih lama dari anak-anak lainnya.
Anda bisa menyuruh anak Anda tidur lebih awal dan menambahkan sekitar mungkin tiga puluh menit untuk waktu tidurnya. Meskipun begitu ini tetap tergantung pada bagaimana anak menaati kedua orang tua mereka.
Coba trik-trik untuk membangunkan anak
Anak-anak memiliki ciri khas mereka masing-masing. Ada yang suka tidur dengan lampu menyala terang. Ada yang tidur dengan lampu redup. Ada yang tidur dengan lampu mati dan kamar dalam keadaan gelap. Begitu juga ketika membangunkan anak Anda ada beberapa trik yang berbeda untuk beberapa anak.
Misalkan ada anak yang terbangun jika lampu dinyalakan, atau ketika hanya dengan menggoyangkan tubuhnya. Ada juga yang terbangun karena bunyi jam weker di samping tempat tidur mereka. Untuk itu sebaiknya orang tua memperhatikan kebiasaan anak ini.
Siapkan sarapan
Seperti orang dewasa yang kerap terbangun hanya karena adanya aroma kopi. Anak-anak pun bisa juga terbangun hanya karena aroma sarapan di meja makan. Ini bisa menjadi trik jitu setiap pagi hari untuk membangunkan anak dari tidur.
Lebih baik kalau memasakkan makanan favorit anak-anak seperti nasi goreng, omelette atau sekedar roti panggang dengan selai. Aroma makanan favorit mereka akan membuat anak-anak lebih cepat bangun tidur.
Memberikan tanggung jawab
Agar anak tidak bergantung dengan Anda setiap waktu untuk membangunkannya setiap pagi, sebaiknya Anda mulai mengajarkan dan membiasakannya untuk terbangun karena suara jam weker sehingga bisa bangun tidur sendiri tanpa dibangunkan. Hal ini mengantisipasi kebiasaan susah bangun tidur pagi ketika mereka beranjak dewasa.
Jauhkan TV dan komputer dari kamar
Orang tua sebaiknya tidak meletakkan TV atau komputer di dalam kamar tidur anak. Kedua benda ini seharusnya dijauhkan dari mereka sebelum mereka berangkat tidur karena TV dan komputer malah akan membuat anak Anda susah tidur.
Selain itu, penting juga untuk membuat kamar anak memiliki jendela yang menghadap keluar sehingga cahaya matahari pagi bisa masuk dan membangunkan mereka secara alami setiap pagi. (stv)

Sumber : http://perempuan.com/parenting/6-cara-agar-si-kecil-bisa-bangun-pagi/
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Amar Fatkhalloh
Copyright © 2013. SDIT WAHDATUL UMMAH METRO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by SDIT-WU Metro
Proudly powered by Tim IT SDIT Wahdatul Ummah Metro