Home » , , , » Ragam Manfaat Bermain Game COC

Ragam Manfaat Bermain Game COC

Written By Sdit WAHDATUL UMMAH on Sabtu, 09 April 2016 | 20.45

 

Oleh : Amar Fatkhalloh
Jika anda pernah membaca sebuah buku besutan Samuel Huttington, anda akan mendapati bahwa ada benturan besar antara dua kekuatan di bumi ini. Itulah peradaban Barat dan Timur. Ini adalah antitesis dari Prof. Fukuyama bahwa sejarah telah berhenti berputar.
Jika di film anda akan menemukan judul Clash of Titan, dan di para pecinta game anda akan menemukan sebuah game yang baru ( sebenarnya udah lama ada cuman beda nama aja ) dan digandrungi kaum anak, remaja, pemuda dan dewasa ( kebanyakan cowok ) yaitu Clash of Clans.
Ya, pertempuran antar clans (gank, kelompok, komunitas, negara). Menurut Wikipedia COC adalah permainan video game strategi premium pada perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Supercell, Sebuah perusahaan video game yang berbasis di Helsinki, Finlandia.
Clash of Clans adalah sebuah game Strategi di mana pemain membangun komunitas, melatih pasukan, dan menyerang pemain lain untuk mendapatkan emas, trofi ,elixir dan dark elixir, membangun pertahanan yang melindungi pemain dari serangan pemain lain, dan untuk melatih serta meningkatkan kemampuan maupun jumlah pasukan.
Jika saya di sekolah, saya menemukan anak-anak (terutama cowok) mayoritas main game ini. Kalau dulu sebelum COC ini muncul, nama game seperti ini adalah RA ( Red Alert ) yang cara mainnya tidak jauh beda. Meskipun saya tidak suka banget dengan game, tapi game-game seperti  saya sama sekali tidak tertarik.
Blas.... tidak tertarik.
Lalu, mengapa game-game ini menjadi mayoritas mainan orang-orang sekarang ? Anak SD, SMP, SMA, Kuliahan, pekerja, guru, pegawai dan sebagainya.... Hmmm.... tentu ada manfaatnya.
Setelah, saya telisik demi telisik ternyata ada banyak manfaatnya sehingga anda akan dapat menentukan bermain atau tidak dengan COC ini. Berikut ini adalah ragam manfaatnya :

  1. Semangat ! Mengapa semangat menjadi nomor satu dalam hal ini ? Jawabannya adalah karena orang yang memainkan COC ini akan bersemangat mengalahkan clans lainnya. Bersemangat untuk mendapatkan point dan koin yang bertumpuk sehingga sangking semangatnya seluruh daya dan upacaya akan dicurahkan untuk main COC ini. Jika di warnet maka seberapapun uangnya akan digunakan untuk ngenet. Seberapapun kuotanya akan digunakan untuk main COC ini. Andai tidak memiliki kuota, maka akan semangat untuk mencari gratisan, yaitu WIFI baik di sekolah, perusahaan atau di manapun yang ada WIFI FREE !!!
  2. Fokus dan Khusyu. Fokus dan khusyu ! Yah, benar. Permainan ini akan menuntut seseorang untuk fokus dan khusyu. Fokus artinya, mencurahkan pemikiran untuk satu hal saja. Misal, COC, maka ia akan mencurahkan pemikirannya untuk COC ini sehingga akan menghasilkan kehusyuan dalam "beribadah COC" ini dan tidak menggubris orang lain. Pekerjaan yang diberikan bos, pimpinan, atasannya ditinggalkan semua dan tidak ada yang beres, karena fokus dan khusyu pada satu hal yaitu COC. Bahkan, andai langit rubuh ia akan tetap khusyu dengan "ibadah"nya itu. Hidup dan matiku untuk "COC".
  3. Kreatif... !!! Benar, kreatif adalah hal yang akan selalu muncul dalam permainan ini. Berpikir bagaimana cara mengalahkan clans musuh. Bagaimana mendulang pundi-pundi emas dan dolar untuk melakukan pertempuran, belum lagi jika "ibadahnya" ini berbayar dengan orang lain. Kreatifitas ini muncul sehingga, akan melakukan kreasi-kreasi untuk menciptakan waktu kapan dan di mana akan melaksanakan "ibadah"nya ini. Kreatif dalam memainkan modus, dengan cara meninggalkan Laptop, android di tempat kerja untuk kemudian kembali ke kantornya dan memainkannya meski hanya 30 menit. Atau membiarkan PCnya hidup untuk kemudian dengan alasan kembali ke kantor untuk mematikan PCnya yang hidup, padahal hanya kreasi "modus" untuk melanjutkan "membangun" peradaban ibadah COC di clansnya.
  4. Sosialisasi. Sosialiasi ini juga muncul dari para pecinta ibadah COC ini. Mereka punya ikatan antar pemain COC. Mereka saling membantu, sharing dan memberikan pengalaman untuk memenangkan pertempuran. Jika ditanya, berapa temannya maka ia akan menjawab "banyak", padahal itu hanya "ilusi", karena ia tak pernah berjumpa dengan "teman-teman" COCnya itu. Bahkan ada yang sudah memiliki "pangkat" tinggi sekalipun. Mereka menjadi makhluk " Alien", sehingga "teralienasi", terasing dalam kebisingan. Lain dari itu, sharing yang mereka lakukan tidak mengenal batas. Antara seorang Bos kepada bawahannya, seorang guru kepada muridnya, seorang guru kepada guru yang lainnnya. Mereke saling memberi informasi tentang cara agar "khusyu" dalam "ibadah" ini.
  5. Percaya Diri !! Kenapa Percaya Diri ini muncul ? karena orang yang khusyu dalam beribadah COC ini akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Dalam hal apa ? Dalam hal menyampaikan kepada orang lain. Anda ia adalah seorang guru, maka ia akan PD untuk tidak pernah menyinggung tentang COC karena ia sendiri menikmati manfaatnya sehingga ia pelit kepada orang lain. Andai ia seorang murobbi halakoh, maka dijamin ia tidak akan pernah berani menegur mutarobbinya yang khusyu atau masih akan bermain COC. Lebih heboh lagi, ia makin PD jika diingatkan atau disindir oleh temannya! Ia PD bahwa apa yang dilakukannya tidak "mengganggu" ibadah orang lain.
  6. Kaya !! Semakin sering melakukan COC ini dan khusyu', maka apa yang ia idam-idamkan akan tercapai. Maka kekayaan yang diidamkan akan terwujud. Sampai pada akhirnya, kaya dengan utang, kaya dengan PR-PR yang belum diselesaikan, kaya dengan ocehan istri dan teman-teman.
  7. Saat mati, kuburannya penuh dengan Dark Elixir. Lho kok bisa...? Iya, karena ibadahnya diterima oleh para bos Clansnya sehingga kalau ia mati maka kuburannya dipenuhi dengan Dark Elixir.(salah satu sumber kekuatan yang sangat berharga. Bagaimana tidak, dengan si hitam ini kita bisa melatih pasukan-pasukan yang luar biasa kuat yang tidak dapat di latih hanya dengan menggunakan elixir biasa, bahkan dengan Dark Elixir kita akan mampu membuat Hero di Clash of Clans, yaitu Barbarian King dan Archer Queen).




Share this article :

+ komentar + 4 komentar

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Amar Fatkhalloh
Copyright © 2013. SDIT WAHDATUL UMMAH METRO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by SDIT-WU Metro
Proudly powered by Tim IT SDIT Wahdatul Ummah Metro