Membentuk Karakter dengan Alam Sekitar

 
Belajar di alam terbuka merupakan sebuah metode alternatif untuk menyampaikan materi-materi yang tidak dapat disampaikan di dalam kelas. Alam adalah laboratorium besar yang bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendidik anak. “Dengan pendekatan active learning, kami mengajak anak mengenal alam sekitar sejak dini. Mereka bisa bereksperimen dan bermain melalui persentuhannya dengan alam. Semua materi yang ingin disampaikan, kami tuangkan dalam satu bentuk pendidikan yang menyenangkan,” ujarnya.
Jadi anak tidak hanya berdiskusi saja tetapi dengan pelaksanaannya secara nyata. Mereka akan lebih memahami dibandingkan hanya melihat gambar. “Belajar dengan menggunakan alam sebagai media, dapat menumbuhkan bakat mereka yang terpendam. Selain itu, hubungan interaksi langsung antara guru dengan muridnya akan menimbulkan suatu relasi yang positif dalam pembentukan karakter. Seperti menumbuhkan jiwa pemberani, memupuk rasa percaya diri, dan pantang menyerah. Sekolah tidak lagi menjadi beban tetapi sebuah sumber kegembiraan dan semangat mereka untuk belajar,” terangnya.
Outbond merupakan salah satu proses pembelajaran untuk membentuk karakter anak. mengenalkan anak bahwa alam adalah sahabat yang menjadi teman kita hidup. artinya, kita harus menjadikannya sahabat sepanjang hayat.
Berikut ini adalah beberapa mengenalkan siswa kepada alam sekitar. Silahkan klik Tombol Buka untuk melihat kegiatannya :
Terima kasih sudah membaca . Tinggalkan komentar anda !

Related Posts:

0 Response to "Membentuk Karakter dengan Alam Sekitar"

Posting Komentar