Home » , , , , , , » Mabit (Malam Bina Iman dan Takwa )

Mabit (Malam Bina Iman dan Takwa )

Written By Sdit WAHDATUL UMMAH on Sabtu, 09 November 2013 | 16.21


Definisi Mabit
Mabit adalah salah satu sarana tarbiyah (wasa’ilut tarbiyah). Secara bahasa, mabit berarti bermalam. Istilah yang sangat masyhur kita dapati pada salah satu rangkaian ibadah haji yaitu mabit di Mina.
Dalam terminologi dakwah dan tarbiyah, mabit adalah adalah salah satu sarana tarbiyah untuk membina ruhiyah, melembutkan hati, membersihkan jiwa, dan membiasakan fisik untuk beribadah (khususnya shalat tahajjud, dzikir, tadabbur dan tafakkur). Untuk memudahkan memahami definisi ini, biasanya mabit dijadikan akronim dari MAlam Bina Iman dan Taqwa.
Sebagai bentuk pendidikan karakter keislaman, maka sebulan sekali SDIT Wahdatul Ummah Metro melalui bidang Pembinaan Keislaman selalu mengadakan kegiatan MABIT atau Malam Bina Iman dan Taqwa khusus bagi mereka yang ikhwan atau putra kelas 4,5 dan 6.
KEgiatan ini dilakukan pada hari Sabtu malam Ahad, 9 - 10 Nopember 2013 di Masjid Wahdatul Ummah Metro. Kegiatan yang dimulai dari jam 17.00 sampai dengan 06.30 pagi. Ragam kegiatannya adalah sebagai berikut :
1. Sholat berjamaah dan Sholat Tahajud
2. Tilawah Al-Quran minimal 1 juz
3. Dzikir Al-Ma'tsurat petang dan pagi
4. Tausiyah
5. Malam Siap Siaga
6. Riyadhoh atau Olahraga
Kegiatan yang diikuti oleh 120 peserta ini berjalan dengan baik dan diakhiri dengan perang tanding antar kelompok mentoring dalam laga FUTSAL.
Pada pukul 03.00 dinihari, semua peserta dibangunkan dengan suara sirene. Mereka bergegas berlari ke halaman masjid dan berbaris dengan rapi. Yang datang telat mendapat hadiah berupa banding dan istighfar. Kemudian mereka melaksanakan ibadah sholat tajahud berjamaah dengan imam Ustadz Adri Yusro.
Pada pukul 20.30 - 22.00 peserta diwajibkan membaca Al Quran sampai dengan minimal 1 juz. Untuk kemudian istirahat tidur.
Tausiyah yang disampaikan langsung oleh Kepala SDIT Wahdatul Ummah Metro, Amar Fatkhalloh berlangsung meriah dengan mengambil materi ibrah amalan-amalan di bulan Syura atau Muharram dalam rangka memperbaiki kinerja diri dan banyak instropeksi diri.
Berikut adalah foto-fotonya :





































berikut salah satu clip videonya :

Share this article :

+ komentar + 2 komentar

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Amar Fatkhalloh
Copyright © 2013. SDIT WAHDATUL UMMAH METRO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by SDIT-WU Metro
Proudly powered by Tim IT SDIT Wahdatul Ummah Metro