Home » , , , , , » Profil : Olimpiade Matematika

Profil : Olimpiade Matematika

Written By Sdit WAHDATUL UMMAH on Minggu, 15 September 2013 | 19.23


 
PROFIL OLIMPIADE SAINS BIDANG MATEMATIKA 
SDIT WAHDATUL UMMAH
Oleh: ENDAH ISNAINTRI, S.Pd 
PENDAHULUAN 
Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi hingga saat ini telah mengantarkan umat manusia ke era kompetisi global di berbagai bidang kehidupan. Situasi demikian menuntut kita agar segera berbenah diri dan sekaligus menyusun langkah nyata guna menyongsong masa depan. Langkah utama yang harus dipikirkan dan direalisasikan adalah bagaimana kita menyiapkan sumber daya manusia yang berkarakter kuat, kokoh, tahan uji serta memiliki kemampuan yang handal di bidangnya.
Upaya tersebut harus ditempuh dengan merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada bagaimana peserta didik mampu berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu,paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas serta berpikir kritis harus diaplikasikan dalam setiap pengembangan ke depan.
Salah satu arah kebijakan program pembangunan pendidikan nasional dalam bidang pendidikan adalah mengembangkan kualitas sumber daya manusia sedini mungkin secara terarah, terpadu dan menyuluruh melalui berbagai usaha proaktif dan reaktif oleh seluruh komponen bangsa agar generasi muda dapat berkembang secara optimal.
Misi pendidikan nasional adalah terwujudnya sistem dan iklim pendidikan nasional yang demokratis dan bermutu guna memperteguh akhlak mulia,kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, berdisiplin serta mengguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
Mutu sumber daya manusia suatu bangsa tergantung pada mutu pendidikan. Dengan berbagi strategi, peningkatan mutu Pendidikan diarahkan untuk menungkatkan mutu siswa dalam penguasaan ilmu pengetahuan dasar, penguasaan bahasa asing dan penanaman sikap serta perilaku yang mencerminkan budi pekerti. 
 Era global memberikan inspirasi positif dalam masyarakat Indonesia, sebagai bagian dari masyarakat internasional, bahwa masa depan Indonesia sangat memerlukan kemampuan kompetitif di kalangan pelajar untuk bersaing secara sehat dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Pemerintah telah menetapkan pembangunan pendidikan menjadi salah satu prioritas nasional dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2010-2014. Sebagai instrumen penting dalam pembangunan ekonomi, sosial, dan budaya, kebijakan pembangunan pendidikan diarahkan untuk membentuk insan Indonesia yang cerdas komprehensif melalui upaya peningkatan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas dan relevansi,kesetaraan dan kepastian memperoleh layanan pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global.
Dalam rangka peningkatan mutu dan relevansi pendidikan, kebijakan dan program pembangunan pendidikan diarahkan untuk mampu menjawab tantangan perikehidupan bangsa yang semakin besar dan semakin penting maknanya manakala kita menyadari tantangan pembangunan sumber daya manusia Indonesia pada saat ini semakin besar seiring dengan tuntuntan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik di tengah situasi global yang demikian cepat berubah.
Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara konsisten setiap tahun sejak tahun 2002 menyelenggarakan OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN) sebagai salah satu bentuk sarana untuk aktualisasi para peserta didik SD, SMP, SMA, PKLK Dikdas, PKLK Dikmen dan Guru SMP dan SMA dalam menampilkan hasil belajar-mengajar di kelas sekaligus menumbuhkembangkan semangat berkompetisi dan tradisi berprestasi baik di tingkat nasional maupun level internasional. Kegiatan OSN kini juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya mendorong akselerasi kebangkitan bangsa dalam menyiapkan Generasi Emas 100 Tahun Indonesia Merdeka.
Unsur guru memegang peranan penting untuk menyukseskan kegiatan ini. Hal ini sangat  penting, mengingat peran guru sangat strategis dan kunci untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas melalui pembinaan dan kegiatan yang mendukung lainnya. 
Karena banyak silahkan klik di sini untuk membacanya lebih lanjut dan mendownloadnya di sini.
Demikian Profil : Olimpiade Matematika SDIT Wahdatul Ummah Metro yang dikomandoi oleh Bu Endah Isnaintri, S.Pd yang juga guru Matematika. 

Siapa saja boleh mengambil artikel dan profile  ini dengan catatan dengan mencantumkan sumbernya yaitu dengan link : http://sdit-wahdatulummah.blogspot.com/2013/09/profil-olimpiade-matematika.html
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Amar Fatkhalloh
Copyright © 2013. SDIT WAHDATUL UMMAH METRO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by SDIT-WU Metro
Proudly powered by Tim IT SDIT Wahdatul Ummah Metro