Home » » Struktur Kurikulum

Struktur Kurikulum

Written By Sdit WAHDATUL UMMAH on Jumat, 12 Juli 2013 | 21.22


Kurikulum sekolah kami memuat 5 kelompok mata pelajaran, yaitu : Kelompok Mata Pelajaran Agama dan Akhlak Mulia, kewarganegaraan dan kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, serta pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.
        Kurikulum dikembangkan berdasar  7 prinsip, yaitu:
·         Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan  kepentingan    peserta  didik    dan lingkungannya.
·         Beragam dan terpadu
·         Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
·         Relevan dengan kebutuhan kehidupan.
·         Menyeluruh dan berkesinambungan.
·         Belajar sepanjang hayat.
·         Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
Kurikulum sekolah kami memuat 8 mata pelajaran,  7 muatan lokal, dan 3 pengembangan diri. Pembelajaran pada kelas rendah menggunakan pendekatan tematik / mata pelajaran. Jumlah jam pembelajaran perminggu adalah 36 jam pembelajaran untuk kelas 1,2 dan 3. Sedangkan jumlah jam pelajara perminggu untuk kelas 4,5 dan 6 adalah 48 jam. Alokasi waktu tiap jam pembelajaran adalah 35 menit. Jumlah minggu efektif dalam setahun 34 minggu. Silabus tersesedia untuk semua mata pelajaran, termasuk mata pelajaran muatan lokal. RPP tersedia untuk semua mata pelajaran, termasuk mata pelajaran muatan lokal.
Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran
Sekolah kami memiliki Tim Pengembang Kurikulum. Dalam penyusunan kurikulum kami melibatkan Kepala Sekolah, Pendidik, Komite Sekolah, Tokoh Masyarakat. Kami menyusun kurikulum menggunakan Panduan Penyusunan Kurikulum dari BNSP.  Kurikulum sekolah kami disusun setiap tahun, 2 tahun sekali. Kurikulum kami memuat muatan lokal  dan keunggulan lokal yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah dan sekolah yaitu TIK, Bahasa Arab, Fiqih, Bahasa Lampung, Bahasa Inggris, Tahsin/Tahfidz Al-Quran. Kurikulum kami memuat pengembangan diri yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, yaitu  Life Skill untuk kelas 1, 2 dan 3 sedangkan Pramuka SIT untuk kelas 4, 5 dan 6 serta Mentoring Keislaman khusus kelas 4,5 dan 6.
Dalam rangka memicu minat dan bakat peserta didik dan menukung kompetensi psikomotorik affektif, maka SDIT Wahdatul Ummah Metro melaksanakan program kegiatan ekstrakurikuler berikut ini :
  1. Polisi Sekolah
  2. Dokter Kecil/UKS
  3. Kaligrafi
  4. Melukis
  5. Tari
  6. Dai Cilik
  7. Seni Baca Al-Quran
  8. Futsal
  9. Puisi
  10. Nasyid
  11. Olimpiade IPA
  12. Olimpiade Matematika
  13. English Club
  14. Arabic Club
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Amar Fatkhalloh
Copyright © 2013. SDIT WAHDATUL UMMAH METRO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by SDIT-WU Metro
Proudly powered by Tim IT SDIT Wahdatul Ummah Metro