Home » , » Dokter Kecil

Dokter Kecil

Written By Sdit WAHDATUL UMMAH on Selasa, 16 April 2013 | 02.09

Apakah ada dokter kecil di sekolahmu?  
Dokter kecil di sekolah memang bukan dokter sungguhan. Tetapi, mereka bisa mengajak kau dan teman-temanmu untuk menjaga kesehatan.
Begitu juga yang dilakukan dokter-dokter kecil ini. Mereka mengajak teman-teman mereka di sekolahnya untuk lebih sadar gizi.
Yap! Sebagai anak Indonesia, kita memang harus sadar gizi. Kalau tubuh kita memiliki gizi yang cukup, otak kita jadi lebih cerdas dalam menerima pelajaran. Selain itu, tubuh kita jadi lebih sehat dan bugar untuk beraktifitas.
Sayangnya, masih banyak di antara kita yang suka mengabaikan masalah gizi. Ada yang malas makan. Ada yang enggak doyan sayur, buah, atau susu. Bahkan, banyak, lo, yang suka jajan sembarangan. Hayo… siapa yang merasa, boleh tunjuk tangan! He he…

Nah, keberadaan dokter-dokter kecil mahir gizi ini sangat dibutuhkan. Mereka bisa mengajak teman-teman mereka untuk tidak jajan sembarangan dan memakan makanan yang sehat.
Para dokter kecil ini membuat program di sekolahnya masing-masing. Unik-unik, deh, program mereka! Misalnya, program yang dibuat tim dokter kecil SD Darul Hikam Cirebon. Mereka membuat Mars Berseri. Yaitu, lagu yang berisi motivasi dan ajakan untuk hidup sehat.
Asyiknya, lagu ini diadaptasi dari lagu Justin Bieber yang berjudul Baby . Maksudnya, agar teman-teman mereka lebih semangat bernyanyi. Hi hi…
Ada pula kegiatan senam berseri dan makan bersama. Istimewanya, di acara makan bersama itu, banyak menu tradisional khas Cirebon yang disajikan. Seperti tahu gejrot, empal gentong, dan docang. Mmm, yummie, kan? Selain lezat, makanan tradisional juga mengandung nilai gizi yang tinggi!
Wow, seru, kan, program yang mereka buat! Tak heran, kalau tim dokter kecil SD Darul Hikam ini meraih juara pertama kompetisi Dokter Kecil Mahir Gizi 2012 .
Selain SD Darul Hikam, ada 5 sekolah lain yang meraih penghargaan. Yaitu, SDN 32 Pontianak sebagai juara kedua dan SDN 003 Batu Aji Batam sebagai juara ketiga. Juara lainnya adalah SDN Anyelir 1 Depok (harapan I), SDN Inpres Fatufeto 1 Kupang (harapan II), dan SDN Widya Wacana 2 Surakarta (harapan III).
Penghargaan ini diserahkan pada tanggal 27 Februari 2013 di aula Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, di Jakarta.
Kompetisi Dokter Kecil Mahir Gizi diselenggarakan oleh Nestle Dancow bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Serunya, kompetisi ini diikuti oleh berbagai sekolah dari 29 kota dari penjuru Indonesia.
Wah, bayangkan saja, kalau dokter-dokter kecil ini menularkan semangat  tentang kesadaran gizi.
Tentu akan makin banyak anak-anak di Indonesia yang tumbuh lebih cerdas dan sehat. Semoga, mereka bisa menjadi duta gizi di daerahnya.
Hmm… bagaimana denganmu? Apa kau punya ide yang lebih keren untuk mengajak teman-temanmu sadar gizi? Eit, simpan idemu untuk kompetisi berikutnya, ya! (Dwi)
Sumber : http://www.kidnesia.com/Kidnesia/Sekitar-Kita/Serba-Serbi/Dokter-Kecil-Mahir-Gizi
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Amar Fatkhalloh
Copyright © 2013. SDIT WAHDATUL UMMAH METRO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by SDIT-WU Metro
Proudly powered by Tim IT SDIT Wahdatul Ummah Metro