Home » , » Agar Anak Tidur Nyenyak

Agar Anak Tidur Nyenyak

Written By Sdit WAHDATUL UMMAH on Rabu, 17 April 2013 | 10.10

Otak anak tidak pernah berhenti berkembang, bahkan ketika mereka tidur, terutama pada masa golden years (12 bulan hingga tahun ketiga).

Pada masa ini, sel-sel otak anak berkembang setiap malam untuk mempersiapkan tubuh anak yang fit pada aktifitas di keesokan harinya.

Tapi terkadang ada orangtua yang masih bingung bahkan kesulitan mencari cara membuat anaknya tidur nyenyak di malam hari. Berikut ini beberapa trik agar anak tidur nyenyak di malam hari: - Ciptakan rutinitas waktu tidur, misalnya  anak harus masuk kamar tidur sekitar jam 9 malam.

- Ciptakan rutinitas kegiatan sebelum tidur, misalnya sikat gigi, cuci kaki tangan, ganti piyama, baca buku dongeng, berdoa bersama, lalu tidur. Adanya rutinitas membuat anak merasa nyaman, dan bisa mengantar ke tidur yang lebih lelap. 

- Usahakan ruang tidur anak suhunya cukup nyaman. Perhatikan ventilasi dan seting kamar.

- Matikan lampu kamar, karena kegelapan akan menimbulkan rasa kantuk, sehingga tidur bisa lebih lelap. Jika anak takut gelap, pasang lampu tidur yang remang-remang atau nyalakan lampu di luar kamar tidur, tapi lampu kamar mati.

- Pastikan anak cukup kenyang (tapi bukan berarti habis makan langsung tidur), karena selama tidur tubuhnya harus terus bekerja, dan untuk bisa bekerja akan dibutuhkan nutrisi yang cukup.

- Sebelum tidur, sebaiknya biasakan berbincang-bincang atau melakukan obrolan dengan anak agar membuat suasana lebih nyaman, sehingga yang teringat dalam tidur adalah rasa nyaman.

- Walaupun anak nakal, usahakan tidak memarahinya sebelum tidur. Marah bisa menimbulkan ketegangan sehingga menyulikannya tidur.

- Nyanyian sebelum tidur, baik yang dinyanyikan bersama ataupun oleh orang tua akan menenangkan anak, sehingga tidurnya lebih lelap. Pilih lagu-lagu yang tenang dan nyanyikan dengan lembut.

- Matikan suara-suara, misalnya suara TV. Suasana yang lebih sepi dan tenang membuat tidur anak lebih nyaman dan nyenyak.

Yang perlu diperhatikan adalah, pada masa pertumbuhan ini otak anak juga membutuhkan banyak nutrisi sehingga memiliki energi yang cukup.

Sumber : http://family.ghiboo.com/tips-dan-trik-agar-anak-tidur-nyenyak-di-malam-hari
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Amar Fatkhalloh
Copyright © 2013. SDIT WAHDATUL UMMAH METRO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by SDIT-WU Metro
Proudly powered by Tim IT SDIT Wahdatul Ummah Metro